Monday, February 12, 2007

saya capek...

saya capek..
berulang saya mengatakannya,
pada adik saya,
pada sahabat saya,
pada ayah saya,
pada ibu saya,
..
pada semuanya,
saya bilang saya capek..
..
saya ingin berdisiplin terhadap penyebutan diri saya di papan ini,
saya ingin menyebut diri saya,
saya.
..
bukan aku,
terlalu aku,
atau mungkin kadang saya lalu berubah menjadi aku,
..
saya,
ketika saya merasa sangat melankoli,
..
aku,
ketika aku merasa sangat aku,
sangat aku,
..
jadi teringat,
form database yang dibagikan tadi pagi,
ada kolom yang harus dijawab,

Deskripsi tentang dirimu :
suka berpetualang, santai, suka tersenyum, baik hati, kadang galak,
lajang.

..
jabatan terakhir itu seolah menohok saya,
menyeret saya ke diskusi panjang bersama seorang saudara perempuan saya di plasa atas kampus saya yang sudah berbentuk seperti Taman Eden, jika betul demikian wujudnya..

dia : apa iya menjadi lajang dan tidak menikah itu berdosa?
saya : saya kira tidak..
dia : lalu kenapa kamu tidak punya anak saja, tidak perlu menikah kalau begitu?
saya : saya akan punya anak, tapi siapa nanti yang akan jadi ayahnya?kalau saya nanti punya anak dari rahim saya tanpa ada ayah untuknya, saya tidak mau, saya ini masih hidup di masyarakat yang masih berpegang pada norma dan nilai, dan saya menghormati itu..
dia : itu kalau kamu melahirkan sendiri, kalau begitu kamu angkat anak saja..tidak perlu menikah, kalau kamu memang tidak mau menikah..
saya : iya ya?baiklah sist,lihat saja nanti...
..
sist,
saya memanggilnya,
..
ada banyak sekali saudara perempuan saya,
mereka adalah sahabat saya yang selalu berbagi cerita,
meskipun mereka penuh dengan asap,
tapi saya menyukainya,
..
sist,
kalau begitu,
aku menikahimu saja...
..
boleh kan,
mbak?
..

capek saya sudah hilang,
tapi tetap butuh pijatan,
saya merindukan rengkuhan itu..
pak pos kah itu??

No comments: