Thursday, February 1, 2007

2nd meetinng

pertemuan kedua.
hujan hampir mengguyur jogja bagian timur, mendung pekat menggantung di langit sepanjang perjalanan menuju sekolah.pertemuan kedua.terburu-buru memacu tuas gas bebek roda dua, perubahan jadwal baru datang sesaat sebelum materi hari ini berjejer rapi di tas pak posku,
are you ready mrs.postgirl?
Absolutelly,I do.
sedianya ada dua permainan yang mengisi pertemuan kedua ini. bagiku bermain adalah belajar, tidak melulu membuka buku, menghapal isi buku lalu diuji lewat berjubel pertanyaan di Lembar Pertanyaan Ujian.teman-temanku itu sudah nyaman dengan cara belajar yang aku pakai,paling tidak mereka sudah lumayan bisa menangkap materi dengan baik. jadi aku teruskan.
hujan turun,sekian menit setelah aku sampai di kelas, mengeluarkan semua materi, kertas-kertas permainan, tapi mereka masih juga ribut, seperti biasa.
aku diam.cara paling ampuh, diam. dan mereka juga diam.
pertemuan kedua.
sangat menyenangkan berada di tengah-tengah mereka,apalagi kepolosan yang tidak terlalu kentara selalu menyembul di sela tawa sewaktu kami bercanda, di tengah-tengah pelajaran.
itu alasan kenapa tidak ada rasa capek yang terasa,meski harus berdiri selama satu setengah jam tanpa duduk sama sekali.belajar bersama mereka,adalah obat penghilang lelah,tak peduli jarak tempuh sekolah dengan rumah, setengah jam perjalanan.
..
juga ada motivasi lain yang selalu tumbuh,tiap kali datang ke sekolah itu dan melihat kondisi fisik bangunan yang tidak terlalu megah,dan letaknya di gang desa.
iya,
aku tidak mengajar di kota,teman-temanku itu semua masih selalu protes kalau terlalu banyak kata-kata yang tidak mereka mengerti..
basa Jawa wae mbak..
dan aku selalu tertawa mendengarnya,
ya sithik-sithik ya...mengko awakdewe dadi kurang latihan e..

sudah satu setengah jam berlalu, setengah masih ingin bermain setengah meminta pulang,tapi di luar hujan sudah reda, jadi kelas kusudahi,mereka pasti sudah sangat lelah seharian bersekolah.

tenang saja teman-teman,besok akan kubawakan permainan lain,aku janji..
..
aku pulang,
ingin rasanya aku berada di sana sampai malam tiba,hari sudah hampir senja,candi boko pasti sangat indah saat senja,tapi sayang,hanya mata yang kupunya,kamera tak ada.
besok,
lain waktu,
aku akan minta mereka mengajakku ke Boko.
agar kenangan itu kembali tersaji di benakku,
..
dulu aku punya banyak kenangan di Boko,
aku juga memiliki seorang fotografer handal yang selalu merekam tiap gerak yang kulakukan,
di sana,
di Candi Boko,
dekat sekolah tempat aku mengajar.

No comments: